GURAME ASAM MANIS Versi Original Resto๐Ÿ™

Dipos pada March 14, 2022

GURAME ASAM MANIS Versi Original Resto๐Ÿ™

Anda sedang mencari inspirasi resep GURAME ASAM MANIS Versi Original Resto๐Ÿ™ yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal GURAME ASAM MANIS Versi Original Resto๐Ÿ™ yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari GURAME ASAM MANIS Versi Original Resto๐Ÿ™, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan GURAME ASAM MANIS Versi Original Resto๐Ÿ™ enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat GURAME ASAM MANIS Versi Original Resto๐Ÿ™ adalah 6 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak GURAME ASAM MANIS Versi Original Resto๐Ÿ™ diperkirakan sekitar 45 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan GURAME ASAM MANIS Versi Original Resto๐Ÿ™ sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat GURAME ASAM MANIS Versi Original Resto๐Ÿ™ memakai 25 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Karena suami pulang bawa gurame dari kolam kami dan pengen makan Gurame Asam Manis, cuss ayo masak versi terbaik dari restauran (maap, no instant crispy flour) jadi ini bikinnya betul2x dari awal. Rasanya beneran enak dan persis sama dgn resto besar chinese kondang, sepadan dengan perjuangan masaknya๐Ÿ˜†๐Ÿ‘

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat GURAME ASAM MANIS Versi Original Resto๐Ÿ™:

  1. 1 gurame segar (dibersihkan sisik dan isi perutnya)
  2. 1 jeruk lemon atau 2 jeruk nipis
  3. secukupnya Garam, royco ayam dan merica bubuk
  4. Cara memfillet ikan, silahka liat tips dibawah kalimat ini:
  5. Minyak goreng yg banyak
  6. BAHAN PELAPIS:
  7. 9 sdm tepung kunci biru
  8. 3 sdm maizena
  9. 1.5 sendok makan tepung beras
  10. secukupnya Garam, merica bubuk, royco ayam
  11. 1 gelas sedang air matang (sekitar 500 ml)
  12. 3 butir telur ayam dikocok (sebagai pelapis basah)
  13. BAHAN SAUS:
  14. 3-4 cm jahe muda dirajang korek api tipis2x
  15. 3 bawang putih (geprek & cincang)
  16. 1/4 bawang bombay (ranjang kecil2x)
  17. 1 wortel sedang (rajang korek api panjang dan tipis)
  18. 1-2 cabe merah besar (diiris-iris serong)
  19. 1 botol kecil plastik saus tomat Indofood (ukuran 135 ml)
  20. 5 sdm saus pedas Indofood Pedas Manis
  21. 1 sdm gula pasir
  22. 1/2 sdt garam
  23. 1/4 sdt merica bubuk
  24. 2 gelas besar air matang (atau sekitar total 600-700 ml)
  25. 3 sdm maizena (dicairkan sedikit air)

Langkah-langkah untuk membuat GURAME ASAM MANIS Versi Original Resto๐Ÿ™

1
Fillet guramenya, potong2x dagingnya sekitar 3-4 cm, peras jeruk nipis dan taburi garam (lakukan sama pada rangka kepala ikannya). Biarkan 5 menit, cuci bersih kembali, keringkan dengan tissue dapur/lap bersih kering lalu olesi tipis2x/tabur dengan sedikit garam merica bubuk dan royco ayam. Sisihkan.
GURAME ASAM MANIS Versi Original Resto๐Ÿ™ - Step 1
2
Siapkan seluruh bahan saus, panaskan 3 sdm minyak diwajan, tuang semua bumbu rajang, tumis hingga harum, masukkan wortel tambahkan air, beri bumbu2x saus, garam dan gula pasir, aduk. Biarkan hingga mendidih. Matikan kompor. (Jangan dikasih larutan maizena dulu supaya tidak mengental hingga ikannya siap)
GURAME ASAM MANIS Versi Original Resto๐Ÿ™ - Step 2
3
Siapkan adonan pelapis. Campur semua tepung dan bumbu lalu beri air, aduk hingga tercampur rata (kekentalannya mirip kayak mau bikin adonan gorengan tempe mendoan). Panaskan minyak goreng yg banyak dalam wajan (dgn api sedang). Tunggu hingga benar2x panas, celupkan potongan fillet ikan kedalam kocokan telur, masukkan ke dalam adonan tepung, lalu goreng hingga matang berwarna kuning keemasan.
GURAME ASAM MANIS Versi Original Resto๐Ÿ™ - Step 3
4
Untuk rangka kepala gurame, taruh dipiring besar dan lebar, lumuri rata dengan kocokan telur lalu adonan dan segera goreng, masukkan kedalam minyak panas. Bagian kepala harus tenggelam dalam minyak ya dan sedikit agak lama gorengnya karena area tsb tebal dan sangat basah.
5
Siapkan dan tata ikannya kedalam piring saji;
GURAME ASAM MANIS Versi Original Resto๐Ÿ™ - Step 5
6
Panaskan kembali saus asam manisnya, bila sudah mendidih segera tuang maizena yg sudah dicairkan, aduk sebentar hingga tampak agak kental, matikan kompor, segera sajikan dalam mangkuk terpisah/dituang diatas ikannya.
7
Sebaiknya segera disantap setelah dihidangkan ๐Ÿ˜๐Ÿ‘
GURAME ASAM MANIS Versi Original Resto๐Ÿ™ - Step 7
GURAME ASAM MANIS Versi Original Resto๐Ÿ™ - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Martabak Manis Teflon

Martabak Manis Teflon

Kangen jajanan yg satu ini ya wajib uprek dapur meskipun harus menunggu lama karena proses y yg memakan waktu berjam- jam dan Alhamdulillaah akhirnya bisa menikmati y ๐Ÿ˜‡๐Ÿค—

Martabak Manis Pandan Durian

Martabak Manis Pandan Durian

Bismillah.. Dah musim Durian kat sini, di tepi2 jalan banyak orang jual. Hmmm, sampai terlewat pun masih tercium wanginya ๐Ÿ˜๐Ÿ˜ Tetiba ba'da maghrib teringin buat Martabak Manis. Pakai isian Durian mesti sedap. Mumpung masih ada stok, yuk lahh kita buat ๐Ÿค—๐Ÿค— masalah rasa tak kalah dengan martabak abang2 jual kat luar sana. Seriyuss ini! ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ‘ Source : @Desriayu_Ecy

254. Ikan Telang Asam Manis

254. Ikan Telang Asam Manis

Ikan asin kesukaan ya ikan telang, atau biasa di kenal umum dengan nama ikan tenggiri, yang udah di asinkan. Ini jenis ikan kering yang dimasak asam manis gini ๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹. Cukup simple karena bumbunya gak perlu di ulek, cuma di iris-iris doang. Ini mah papolit masa kecil. #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Kalsel #OlahanIkanKeringTenggiri #AsamManisTelang #ResepKe254 #MasakanKhasKalsel

Martabak Manis Tipis Lipat

Martabak Manis Tipis Lipat

Adaptasi dari resep di ig @cookingwithhel . Di resep asli pakai perasa pasta pandan. Topping sesuai selera yah. Gampang dan enak.

8 porsi
45 menit
Ayam Manis ala Upin Ipin

Ayam Manis ala Upin Ipin

Ga tau namanya apa, yg pasti ini konsepnya mirip kyk jank jank wings. Rasanya manis, gurih, dan lengket. Sering lihat masakan ayam gini di pinterest. Mirip mirip honey butter chicken juga tapi jelas beda rasa. Bisa digoreng atau dibakar sesuai selera.

Ayam asam manis (sederhana)

Ayam asam manis (sederhana)

Ngiler pengen masak ini gara2 nonton drakor ๐Ÿ˜… meski dengan resep ala2 saya & bahan seadanya .. mohon maaf resepny cemplung2 , blom bisa nakar & maaf kalo ada yg kurang sesuai ๐Ÿ˜ masi belajar

Kering Kentang Kriuk Manis untuk Balita

Kering Kentang Kriuk Manis untuk Balita

cukup 1 buah kentang, iris kentang pakai pengupas wortel - dijamin tipis, krispi, dan jadi banyak ๐Ÿ˜

2 orang dewasa
Cumi asam manis

Cumi asam manis

Lagi pengen seafood jadi beli udang, cumi ama ikan deh.. Cumi nya lagi pengen di asam manis..Resep nya sy dapatkan dari idntimes.. Resep asli ukuran nya pakai gram, sy tidak..dan di resep asli pakai paprika, sy pakai cabe merah besar..ini enaakkk ๐Ÿคค๐Ÿคค

Sweet Potato Wedges (bumbu kari)

Sweet Potato Wedges (bumbu kari)

Mau cooksnap liat-liat dulu stock bahan di dapur. Tertarik dengan potato wedges, sy tidak punya kentang. Tapi punya yang lebih enak dari kentang, yaitu ubi alias sweet potato. Ubi yang sy punya adalah ubi mantang yang sudah agak lama disimpan sehingga rasanya manisnya sudah keluar. Ubi mantang dikenal juga sebagai ubi putih, tapi tergolong jenis yang bagus, bertepung-tepung, empuk dan manis walau tidak semanis ubi merah atau ubi ungu. Biasanya kalau orang mau bikin kremes ubi atau carang emas, yang dicari ubi mantang ini karena paling bagus hasilnya. Sweet Potato Wedges menggunakan resep Potato Wedges mba Esih @dapurekurs dengan penyesuaian. Sy merebus sebentar ubinya agar hasilnya empuk lezat. Menggunakan balutan tepung yang sama yaitu campuran tepung dan maizena yg disesuaikan karena sy tidak memakai campuran susu dan telur untuk perekat tepungnya. Karena sy tidak punya peterseli, sy menambahkan bumbu kari bubuk dan jinten utuh. Akhirnya sy juga membuat saus cocolan yang ditambah bumbu kari juga agar sesuai. Tekstur sweet potato wedgesnya juara, sy lebih suka ini daripada kentang. Lembut empuk, tapi kering tidak benyek. Rasa sedikit manis dari ubi mantang cocok dengan bumbu kari dan sausnya. Makanya resepnya sy jadikan #comboanjangsana_depok dari sy warga #cookpadcommunity_bogor Sebenernya agak nyesel bikin ini, masa sy keabisan ngga disisain, padahal kan sy yang bikin, uh๐Ÿคญ๐Ÿคญ

2 - 3 orang
30 menit
Roti Manis Ubi Kuning

Roti Manis Ubi Kuning

Roti ini lembuuut sekali. Biasanya adonan roti memakai ubi itu lengket saat diuleni. Jika saat diuleni adonan terlalu lengket bisa ditambahkan takaran tepung terigu secukupnya sampai konsistensi adonan pas, jangan langsung menambah terigu banyak-banyak. Sebaliknya, bila saat diuleni adonan terlalu padat, bisa ditambahkan sedikit air sampai konsistensinya pas. Berkali-kali bikin roti ubi, biasany sih yang ada adonan terlalu lengket akhirnya pasti nambah tepung ๐Ÿ˜‚. Atau bisa disiasati dengan menuangkan air sedikit sedikit saja, tidak dituang sekaligus. Roti ini sangat lembut dan empuk. Seperti biasa saya mengulen dengan tangan dan memanggang memakai otang ๐Ÿ˜Š. Resep ini terinspirasi dari Fitri Sasmaya roti ubi ungu dan rotinya jadi roti sobek. Tapi takaran bahan saya modifikasi dan ubinya saya pakai ubi kuning. Saya jadikan roti manis. Source: Fitri Sasmaya #Jabodetabek_OlahanPalawija #CookpadCommunity_Tangerang #RotiUbiKuning #CocomtangPost

Sweet Butter Toast

Sweet Butter Toast

Ini salah 1 menu cemilan/sarapan fav di keluarga sy. Kali ini pake roti gandum sesuai stok aja ๐Ÿ™‚

1 orang
6 menit
Ikan Gurame Saus Asam Manis

Ikan Gurame Saus Asam Manis

Bismillaah.... Ikannya gurih, sausnya asam manis... hmm yummyy... ๐Ÿ’žโš˜ #ikangurame #anekaolahanikangurame #olahanikanairtawar #sausasammanis #guramesausasammanis #gurameasammanis

2 orang
45 menit
Dendeng Manis

Dendeng Manis

Penampakannya merah kaya pedes pdhal ini manis pakai gula merah dan ga ada rawit

Ikan mujair bakar teplon pedas manis

Ikan mujair bakar teplon pedas manis

Assalamualaikum Cookpaders.. Tema #SemarakClover sabtu ini olahan ikan air tawar selain di goreng dari mba @Chacha_Chiput . Saya bikin ikan yang paling di sukai keluarga dirumah , cooksnap resepnya mba @olive1994 ini ikannya saya goreng dulu lalu dioles dengan bumbu kecap pedas , baru di panggang pakai teplon hmm makyuss,, Semoga mba @Chacha_Chiput berkenan ya,, dan semoga selalu diberikan kesehatan bersama keluarga ๐Ÿ™๐Ÿ˜˜ #NawarinIkan #Semarak_NawarinIkan #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #Cookpadcommunity_Palembang #WongKitoGalo #IdulAdhaWongKito #KampungIdaman #ResepWongKito #PPKM #PosbarIDAMAN #Niungniung #AntiRibet

Nona Manis

Nona Manis

Dirumah lagi ada jus pandan dan bingung mau diapain. Akhirnya coba buat kue Nona Manis saja. Saya suka dengan kue ini. Tapi belum pernah buat sebelumnya. Biasa saya beli... Resep ini saya temukan milik Yumma_kitchen di Instagram... Setelah buka2 google chrome baru tahu kalo Kue Nona Manis ini berasal dari Sulawesi... ๐Ÿ˜ #BarapiManjuhu #WadaiBisa #JajananTradisional #Cookpadcommunity_Borneoย  #CookpadCommunity_Kalteng #Cookpadcommunity_Sampit 430 14.8.2021 Takaran resep sudah menyesuaikan dengan apa yang saya buat...

30 buah
Keripik Singkong Pedas Manis

Keripik Singkong Pedas Manis

Seperti pesan Mamah Cookpad "Jangan Buang Akuuu ๐Ÿ˜ญ" tema Posbar kali ini memanfaatkan makanan sisa agar bisa diolah kembali menjadi makanan yang layak untuk dikonsumsi. Saya jadi teringat dengan singkong kukus yang sudah dikeringkan dan siap digoreng untuk dijadikan keripik. Kami sering dapat kiriman singkong dari paman yang seorang petani, kadang dibuat getuk, kolek atau sekedar dikukus. Beberapa hari lalu Ibu Saya terlalu banyak mengukus singkongnya, karena tidak habis dimakan saat itu dan dibuang pun sayang maka singkong tersebut diiris tipis kemudian dijemur sampai benar-benar kering, jadi bisa disimpan dalam jangka waktu yang lumayan lama di wadah kedap udara. Saat ingin membuat keripik tinggal goreng saja, setelah digoreng, diberi bumbu tabur sesuai selera atau dibumbui pedas manis dengan gula merah seperti yang sekarang ini Saya buat. Selamat mencoba ๐Ÿค— #sisasingkongkukus #DiBuangSayang #PosbarIdaman #cookpadcommunity_tangerang

6 Orang
15 menit
Jagung manis rebus

Jagung manis rebus

Punya jagung dikasih tetangga yang baru panen, sayang kalau dibesokin, karena rasa manisnya suka berkurang. Tak ada rencana untuk dimasak apa, akhirnya aku rebus saja. Rasanya manis banget.

8 biji
20'