Ayam tepung saus asam manis pedas

Dipos pada February 9, 2022

Ayam tepung saus asam manis pedas

Anda sedang mencari inspirasi resep Ayam tepung saus asam manis pedas yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Ayam tepung saus asam manis pedas yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Ayam tepung saus asam manis pedas, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Ayam tepung saus asam manis pedas enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Ayam tepung saus asam manis pedas adalah 3-5 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Ayam tepung saus asam manis pedas diperkirakan sekitar 1 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Ayam tepung saus asam manis pedas sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ayam tepung saus asam manis pedas memakai 19 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Berawal dari permintaan pacar, mau dimasakin aku. Dan kepikiran untuk masak ini, karena dia suka bgt ayam plus kebetulan aku lg suka ngulik rasa asam manis pedas dengan bahan simpel.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ayam tepung saus asam manis pedas:

  1. 300 gr ayam fillet (potong dadu)
  2. Tepung serbaguna (pakai merk sasa yg 200g, dipakenya cuma 3/4)
  3. 1 butir telur
  4. 2 siung bawang putih (cincang halus)
  5. 1 ruas jari jahe (cincang halus)
  6. 1/2 sdt merica
  7. 1/2 sdt garam
  8. 1 tangkai daun bawang (potong halus)
  9. Secukupnya minyak goreng untuk menggoreng ayam tepung
  10. Saus asam manis pedas
  11. 1/2 buah bawang bombay (potong seperti gambar)
  12. 2 siung bawang putih (cincang halus)
  13. 3 buah cabai rawit (kalo ga suka pedes 1 aja)
  14. 2 sendok makan saus sambal
  15. 2 sendok makan saus tomat
  16. 1 bungkus saori saos tiram
  17. Secukupnya kecap (sesuai selera)
  18. Secukupnya air mineral (sesuai selera)
  19. 2 sendok makan minyak goreng

Langkah-langkah untuk membuat Ayam tepung saus asam manis pedas

1
Potong dadu ayam fillet. Lalu tambahkan 2 siung bawang putih dan jahe yg sudah dicincang, garam, merica/lada dan diaduk rata. Dan didiamkan didalam kulkas selama 30 menit (marinasi)
Ayam tepung saus asam manis pedas - Step 1
2
Sambil menunggu ayam dimarinasi, potong bawang bombay, bawang putih, cabai dan daun bawang.
Ayam tepung saus asam manis pedas - Step 2
3
Setelah 30 menit, masukan telur kedalam ayam marinasi, aduk hingga rata.
Ayam tepung saus asam manis pedas - Step 3
4
Siapkan wadah tertutup untuk taruh tepung (biar bisa di shake). Masukan ayam marinasi sedikit demi sedikit ke dalam tepung agar pada saat di shake tepungnya menempel sempurna. Pas dishake wadahnya ditutup yak.
Ayam tepung saus asam manis pedas - Step 4
Ayam tepung saus asam manis pedas - Step 4
5
Masukan minyak secukupnya, sekiranya pas menggoreng ayam bisa terendam dalam minyak. Tunggu hingga panas dan mulai menggoreng ayam hingga kecoklatan.
Ayam tepung saus asam manis pedas - Step 5
Ayam tepung saus asam manis pedas - Step 5
6
Siapkan wajan, masukan minyak goreng 2 sdm. Tunggu agak panas, masukkan bawang bombay, cabai tumis hingga layu dan harum. Lalu masukan 2 siung bawang putih yg telah dihaluskan. Tumis hingga wangi dan layu (jangan sampai gosong).
7
Lalu masukan saus sambal, saus tomat, saori saus tiram dan kecap. Aduk merata. Dan tambahkan air secukupnya. Aduk hingga saus sedikit mengental.
Ayam tepung saus asam manis pedas - Step 7
8
Masukan ayam tepung yang telah digoreng. Aduk hingga rata. Lalu masukan daun bawang. Aduk hingga rata. Matikan kompor. Dan ayam siap dihidangkan.
Ayam tepung saus asam manis pedas - Step 8

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Ikan Putih Bakar Bumbu Merah Manis Pedas (berat 3kg)

Ikan Putih Bakar Bumbu Merah Manis Pedas (berat 3kg)

Ikan Putih bakar ini menu favourite keluarga suami. Dulu nenek (ibu mertua) yang biasa membuat menu ini dan rasanya enak banget,yang jualan direstaurant manapun kalah deh. Nah,berangkat dari situ setelah menikah saya belajar mengolah ikan ini. Alhamdulillah,sampai sekarang saya masak untuk keluarga besar kalo ngumpul dan paksu yang membakar ikannya (MaasyaAllah,Kerjasama yang baik ya). Dah, ndak diragukan lagi deh hasilnya. Ntah berapa kali membuat menu ini .Sampai-sampai banyak yang bilang "buka restaurant ikan bakar saja". Wah, belum kepikiran sampai kesana saat ini,ckckck. Walaupun sering buat, saya selalu saja lupa mencatat resep pas. Jadi disini saya mengira-ngira saja (sambil tutup mata membayangkan lagi buat bumbu) hehehe. #KulaEtamCocok #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kaltim #CookpadCommunity_Bontang #PejuangGoldenBatikApron #GoldenBatikApron #IdeMasak

Yellow Sweet Potato Marble Cake

Yellow Sweet Potato Marble Cake

Bismillaah Assalaamualaikum Kebetulan ada ubi kuning di dapur. Setelah dikukus, manis banget rasanya. Hanya saja , anak-anak kurang suka ubi kukus. Jadinya saya buat marble cake aja. Hasilnya, alhamdulillaah pada suka.๐ŸŒท๐Ÿ’ž Yuuk ...mari kita membuat... #marblecake #marmercake #sweetpotato #yellowsweetpotato #yellowsweetpotatomarblecake #cookpad #cookpad_id #cookpadCommunity #cookpadCommunity_id #cookpadCommunity_Indonesia #TiketGoldenBatikApron #Dapoer_Santi @lovetocook_121076

16 potong
120 menit
Sweet Potato Roll Bread (Tanpa Ulen)

Sweet Potato Roll Bread (Tanpa Ulen)

Mengkaryakan di ubi Cilembu di pojok dapur, jadi cemilan sore buat temen minum hot chocolateโ˜บ๏ธ. Loyang ukuran 22x22x4cm.. #ubi #ubicilembu #rotiubi #sweetpotato #rotimanis #rotiubi #sweetpotatobread #olahanubi #homebread #rotitanpaulen #bundaei #nokneadbread #cookpad_id #PejuangGoldenBatikApron

Ikan tepung saos tiram asam manis

Ikan tepung saos tiram asam manis

Moms, jadi kemarin cek cek bahan ikan apa y mau saya masak. Ternyata saya liat di freezer ada ikan kembung. Terus mau saya masak SPT keinginan saya biasanya.. tapi kekurangan bumbu didapur .. Akhirnya saya mencoba masak dengan menu baru yang sederhana saja..sesuai bahan yang ada didapur saya. Dan jreng2... Suami dan anak anak Suka...ktanya.. Mantap ๐Ÿ‘.

+- 6 org
1 jam
Oseng Bakso Pedas Manis (Praktis untuk Sahur)

Oseng Bakso Pedas Manis (Praktis untuk Sahur)

Mudah bangeeet terus enakkk lagii๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿค

2 orang
15 menit
Terang bulan manis

Terang bulan manis

Saya dapat resep ini dari youtube dan saya berhasil mencobanya

5 porsi
1 menit
Sambel Pecel Pedas Manis Homemade

Sambel Pecel Pedas Manis Homemade

Aku sambel pecel memang jarang beli,selalu bikin sendiri,bumbunya sangat gampang dan membuatnya juga sangat mudah,tinggal campur semua,haluskan,jadi dech. Aku kalau makan sayur sambel pecel,walau tanpa lauk pun pasti kalap.๐Ÿ˜ Meramaikan program #CookpadCommunity_KalSel #BamasakBaimbai #SambalKacangSerbaguna #CookpadIndonesia #CookpadCommunityBanjarmasin #CookpadCommunity_Borneo

Fuyunghai Asam Manis

Fuyunghai Asam Manis

3 Porsi
15 Menit
Kolang-Kaling Nano-Nano a.k.a manis, asem, asin

Kolang-Kaling Nano-Nano a.k.a manis, asem, asin

Sebentar lagi puasa bikin kolang kaling buat stok temen buka puasa nantiโ€ฆ

60 menit
Martabak Manis Teflon

Martabak Manis Teflon

#7 #PejuangGoldenBatikApron

Saos asam manis

Saos asam manis

Isian saosnya Memanfaatkan sayuran yg ada ๐Ÿ˜€ Bisa untuk gurami tepung, ayam tepung, fuyunghay dll.. Noted : ini untuk sekali makan aja yah. Kalo untuk nyetok, jangan dulu d kasih sayuran.

8 orang
15 menit
850. Orek Teri Tempe Pedas Manis๐Ÿ˜‹๐Ÿ’ฏ

850. Orek Teri Tempe Pedas Manis๐Ÿ˜‹๐Ÿ’ฏ

Assalamu'alaikum sahabat dapur . . . Bikin lauk yang simple aja untuk teman nasi uduk. Kebutuhan cabe menyesuaikan selera aja ya. Sengaja tempe saya goreng cukup setengah matang, untuk membedakan dengan kering tempe yang kriuk. Tekstur masakan ini sedikit basah tapi terinya tidak alot. Monggo silakan dicoba, semoga cocok dengan selera keluarga sahabat semua ๐ŸŒน๐Ÿ‘๐Ÿ˜‹ (2022-005). . #ResepdeBloom #CookpadCommunity_Malang #EmakNusantaraKreatif

4 porsi
45 menit
Saus Asam Manis

Saus Asam Manis

Saus asam manis yang serbaguna, bisa untuk macemยฒ ya seperti fuyunghai, rolade, fillet ikan goreng tepung, dll. Dan ini kemarin saya bikin untuk saus egg roll tahu. Rasanya juga udah paaas banget, asam, manis, dan pedas ๐Ÿ‘Œ. Untuk 1 resep ini hasilnya lumayan banyak ya, jadi bisa juga untuk stok di kulkas. Kalau butuh, tinggal diangetin aja deh ๐Ÿ˜‰. Source: @nursabatiana #PejuangGoldenBatikApron #Minggu10 #KopiJos #KopiJosRamadan #CookpadCommunity_Yogyakarta #SelaluIstimewa

Udang Asam Manis Kilat

Udang Asam Manis Kilat

Udang ini salah satu olahan seafood favorit suamiku.. anakku juga suka, jadi pasti langsung ludes kl dibikin di rumah๐Ÿ˜‹ yukk bikin! #PejuangGoldenApron #Minggu7 #Pekan7

Kering Tempe Kacang Pedas Manis

Kering Tempe Kacang Pedas Manis

Assalamualaikumm... tempee tempeann mahh gak pernah buntu ide.. stok kering tempe kali ini buat jadi cemilan makan... apapun lauknya pake kering tempe berasaa nikmatt dehh.... benerannn... Resep kering tempe kali ini diadaptasi dari resep aku sebelumnya.. kali inj bumbunya lebih praktis dan gampang banget bikinnya... oia.. kering tempe ini kalau untuk stok dalem toples bisa berbulan2 tp aku yakinn gak sampe sehari udaah ludesss ini...๐Ÿคญ #cookpadcommunity_palembang #resepwongkito #pejuanggoldenbatikapron #ramadancamp_misi2 #idemasak

Gurame Asam Manis

Gurame Asam Manis

Pas ke pasar lihat ikan gurame yang masih hidup di aquarium jadi pengen bikin gurame asam manis kayanya segar. Pas mau masak ternyata bawang bombay habis, hehe jadilah diganti batang daun bawang yang bagian putih. Alhamdulillah rasa masih enak kata anak-anak. #PejuangGoldenBatikApron

4-5 orang
45 menit
Cumi saus tiram pedas manis

Cumi saus tiram pedas manis

Maaf semua resep dari aku semua boros cabe, hihihi ๐Ÿคค๐Ÿคค soalnya jawabannya lagi-lagi karena "SUAMI SAYA HOBBY MAKAN PEDAS" . ๐Ÿ˜˜

2 porsi
30 Menit
Sayur Bening Daun Kelor dan Jagung Manis

Sayur Bening Daun Kelor dan Jagung Manis

Happy weekend everyone...๐Ÿ’š Dari semalam langit Samarinda sudah diguyur hujan...๐ŸŒง Dan awet hujannya sampai pagi...๐ŸŒž Bawaannya mau tarik selimut aja...๐Ÿ˜ด Namun apa daya perut sudah mulai lapar...๐Ÿคญ Masak yang simple aja yuk...๐Ÿ‘ฉโ€๐Ÿณ ๐ŸŒปMinggu Ke - 5๐ŸŒป #PejuangGoldenBatikApron

3 Porsi
30 Menit