Sambal Teri Kacang Asam Manis Pedas

Dipos pada February 12, 2022

Sambal Teri Kacang Asam Manis Pedas

Anda sedang mencari inspirasi resep Sambal Teri Kacang Asam Manis Pedas yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Sambal Teri Kacang Asam Manis Pedas yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Sambal Teri Kacang Asam Manis Pedas, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Sambal Teri Kacang Asam Manis Pedas enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Sambal Teri Kacang Asam Manis Pedas adalah 4-5 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sambal Teri Kacang Asam Manis Pedas sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sambal Teri Kacang Asam Manis Pedas memakai 21 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Sambel teri kacang ini bercitarasa asam manis untuk mengimbangi asin dari teri. Nyetok buat lauk sarapan tinggal tambah telur dadar 😆

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sambal Teri Kacang Asam Manis Pedas:

  1. Sambal
  2. 3 buah cabai merah besar
  3. 8 buah cabai keriting
  4. 8 buah cabai rawit
  5. 8 siung bawang merah
  6. 4 siung bawang putih
  7. 1 buah tomat besar
  8. 1 ruas ibu jari lengkuas geprek
  9. 2 buah serai geprek
  10. 2 lembar daun salam robek-robek
  11. 3 lembar daun jeruk robek-robek
  12. 2 keping gula jawa sisir
  13. 1 sendok makan asam jawa larutkan dengan air hangat
  14. secukupnya Garam
  15. secukupnya Kaldu jamur
  16. secukupnya Gula pasir bila diperlukan
  17. secukupnya Minyak
  18. Teri dan kacang goreng
  19. Minyak untuk menggoreng
  20. 200 gr teri
  21. 200 gr kacang

Langkah-langkah untuk membuat Sambal Teri Kacang Asam Manis Pedas

1
Haluskan seluruh bumbu sambal kecuali daun salam, daun jeruk, serai, dan lengkuas.
2
Tumis bumbu yg dihaluskan dengan minyak secukupnya, saat mulai wangi masukan daun salam, daun jeruk, serai, dan lengkuas. Tumis kembali hingga semua bahan wangi. Masukan garam setengah sendok makan.
3
Di saat yg sama pada saat menumis, goreng kacang dan teri pada minyak yg cukup hingga coklat keemasan dan cukup krispi, angkat tiriskan. Tips agar ikan asin tidak terlalu asin, ikan asin dapat terlebih dahulu direndam dalam air hangat minimal 30 menit, pastikan air hangat menutupi srluruh permukaan ikan.
4
Saat sambal sudah wangi masukan pasta asam jawa, gula jawa, dan kaldu jamur secukupnya. Aduk-duk rata koreksi rasa dengan menambahkan gula pasir atau garam, hati-hari menambahkan garam karena teri sudah asin. Disini sambal harusnya cenderung manis asam gurih dan aromatik untuk mengimbangi asin dari teri, namun kembali ke selera masing-masing.
5
Saat sambal sudah mantap, masukan teri dan kacang aduk-aduk sebentar. Cicipi kembali apakah memerlukan koreksi rasa.
6
Apabila rasa sudah pas marikan kompor. Sambal teri kacang siap disajikan. Untuk presentasi yg lebih baik bisa dibuang dahulu daun salam, daun jeruk, sereh, dan lengkuas agar tidak termakan dan diprotes 😆.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Saus Cocol Asam Pedas Manis

Saus Cocol Asam Pedas Manis

#PejuangGoldenBatikApron Assalamu'alaykum.. Akhirnya bisa bikin saus cocol homemade yang rasanya aku banget, asem pedes manis seger jadi satu. Kalo aku suka banget saus ini dicocol ke gorengan apapun sih masuk dan bikinnya ga ribet. Oya monmap foto sausnya bebarengan sm gorengan low calorie yang resepnya Insyaa Allaah bakal aku share minggu depan ya. Jadi stay tune yah 🧡

Tepung~Roti Goreng Manis

Tepung~Roti Goreng Manis

Roti memang bukan makanan utama bagi orang Indonesia, namun banyak jenis roti yang diolah menjadi camilan super enak. Salah satunya roti goreng manis. Camilan lezat yang satu ini bisa dibuat dengan bahan sederhana dan cara yang mudah. Selain itu roti goreng juga bisa menjadi menu sarapan lho, buat kamu yang nggak suka menu sarapan yang anti ribet. Ini dia resepnya #CookpadCommunity_Indonesia #CookpadCommunity_Cirebon

Bubur Jagung Keju Manis (Snack Mpasi)

Bubur Jagung Keju Manis (Snack Mpasi)

Bikin cemilan untuk anak yg BB booster.praktis dan emaknya jg suka.Alhamdulillah anak doyan.

Martabak Manis Gulung

Martabak Manis Gulung

Bismillah... Buatnya kapan, postignya kapan 😂✌️. Alhamdulillah sukses, menul fluffy empuk ini. Resepnya mb @veronicadhani #TimloMU_2021 #LihaiCooksnapNov_Timlo #CookpadCommunity_Solo

Mpasi 6+ menu 4* (jagung manis)

Mpasi 6+ menu 4* (jagung manis)

Kali ini karbonya pakai jagung manis yaa 🌽🌽

3 porsi
Nam Jim Gai (Thai Sweet chili sauce) / Sambal Bangkok

Nam Jim Gai (Thai Sweet chili sauce) / Sambal Bangkok

Nam Jim Gai (Thai Sweet chili sauce) / Sambal Bangkok ini sangat cocok dipakai untuk cocolan² masakan khas thailand, cara membuatnya jg sangat mudah, dan bisa disimpan dikulkas dalam waktu yg cukup lama. Jd bisa dipakai untuk stock cocolan home made nih... 😍😘 Source : Puput palipuring tyas @buleg_darmi Link resep asli : https://cookpad.com/id/resep/15098574-nam-jim-gai-thai-sweet-chili-sauce-sambal-bangkok?invite_token=Yg3z7po6nvVXsU981Q66GU94 #cookpadcommunity_palembang #PekanMancanegara #Sawadikap #cookpadcommunity_id #cookpad_id #resepwongkito #wongkitogalo

1 mangkuk
15 Menit
Kue Cantik manis pisang

Kue Cantik manis pisang

Bismillah. Cemilan manis, hemat biaya tapi enak. Cocok dibuat ide jualan murah meriah sesuai saku pelajar. Tepung hun kwe bisa diganti maizena. Cuma rasanya memang lebih enak pakai hunkwe yaa.. tapi ini bisa diakali kok kalau pakai santan kekentalan tinggi. Kalau pakai hunkwe kekentalan sedang juga enak, apalagi pakai kekentalan tinggi, uenaknya lebih naik pangkat. Bisa diganti feeber cream bagi yang menghindari santan.

20 cetakan mini
Pukis Jagung Manis #4pgba

Pukis Jagung Manis #4pgba

Selasa / 22.02.22 Keluarga Kami pencinta Pukis ,apalagi Klo masih anget ... hhmm yummy Kali ini coba membuatnya dengan tambahan jagung manis Untuk hasil yang agak moist bisa menggunakan butter Source : https://cookpad.com/id/r/13771796?i=n78wgr *dengan penyesuaian Makasih resepnya ce @Anna_1983 #PejuangGoldenBatikApron #cookpadcommunity_Bekasi #resepsiskadian

Kerapu goreng saus asem manis nanas

Kerapu goreng saus asem manis nanas

Original resep by jerry andrean. https://www.facebook.com/104736211658824/posts/237008731764904/?app=fbl

Oseng Kerang Pedas Manis

Oseng Kerang Pedas Manis

Hari ini si kecil request pengen makan sama Kerang. Alhamdulillah kondisinya sudah semakin membaik tinggal pemulihan. Mumpung lagi nafsu makan, emak turutin biar makan nya banyak dan cepat sehat dan ceria lagi🤲😘🥰 Inget pernah nyimpan resep olahan kerang yang sangat menggoda punya Ci Tintin Rayner @cook_2668114🤤 pas banget anak2 saya itu penyuka masakan yang diolah pedas manis🤗 Haturnuhun Ci inspirasinya, aku skip air asam Jawa nya ternyata stok asam habis di rumah, pas ke pasar lupa ga beli😣 Hhmm enakk banget mantap Ci👍 si kecil sukakk dan sebentar2 minta makan.. alhamdullilah 🤗🥰 Source: Ci Tintin Rayner @cook_2668114 #IdeMasakku #WongSoloMasak #CookpadCommunity_Solo #Timlo_TimKomunitasCookpadSolo #olahankerang

30 menit
Ayam Pedas Manis

Ayam Pedas Manis

Nemu resep ini seliweran di FB.. Nyoba, eh ternyata enak.. Ini takarannya sesuai selera yaa.. Krna di resepnya pun gak ada takarannya.. Saya pake sayap ayam 1 kg di potong 8.. Cobain deh!

Keju Manis Jadul🧀🍶(isian roti)

Keju Manis Jadul🧀🍶(isian roti)

Duluuu banget....waktu saya SD, tiap pagi si papi selalu beli roti di abang roti yg jualannya pake gerobak yg dikayuh. Si Abang biasanya jual roti tawar dan roti coklat/keju manis/kelapa/nanas. Kadang jual roti gambang juga😋. Tekstur roti jaman dulu tuh gak terlalu lembut, kulit rotinya warna coklat tua n rada keras. Dari dulu suka banget sama roti isi keju manis. Teksturnya berbutir2, rasanya enak, kombinasi manis gurih dari gula dan margarin, wangi susunya gak bikin enek. Pokoknya pas deh😍. Ternyata mudah loh bikinnya, yuk dicoba sambil nostalgia ke masa lalu😋. Resepnya dari ig Kak Inovpelawi. Ini adalah resep di minggu pertama dari: #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Jakarta Semoga lulus bisa kirim resep tanpa putus selama 52 minggu🙏. (Resep minggu ke-1, 31 Jan-6 Feb)

13 - 14 roti
Bumbu asam manis pedes (#430)

Bumbu asam manis pedes (#430)

Kepengen nya fuyunghai.. tp ga ada kepiting, udang dadar pun jadi.. ;)

1-2org
10mntan
Yamien Manis

Yamien Manis

Yamien/yammie adalah mie ayam khas bandung. Dengan taburan ayam giling gurih. Disajikan dengan kuah terpisah. Di daerah jawa timur disebut cwimie.

8 porsi
Kembang Kol Wortel Pedas Manis

Kembang Kol Wortel Pedas Manis

Bosan kembang kol dimasak sop terus? Cobain ini lebih nikmat 👌🏻

Kue Kering Manis (Nastar)

Kue Kering Manis (Nastar)

Ini resep kue kering manis jadoel turun temurun keluargaku. Ini bisa jadi nastar diisi selai nanas atau.... dibentuk bebas sesuai selera. Kalau aku paling suka pakai kacang mede ...jadi renyah2 gurih gitu loh.

10 org
2 jam
Udang asam manis

Udang asam manis

Sebenarnya pingin bikin udang asam manis pedas tapi karena ada gojiberry akhirnya ndak bikin yang pedas pedas nanti pedasnya bisa bikin sambal saja hehe, dan ini adalah salah satu menu favorit suami saat almarhumah ibu suami masih ada, semoga bisa meleburkan rindunya beliau akan masakan ibu aamiin 🤍

2 orang dewasa dan 1 bayi
30 menit