Gurami Bakar Pedas Manis

Dipos pada March 10, 2022

Gurami Bakar Pedas Manis

Anda sedang mencari inspirasi resep Gurami Bakar Pedas Manis yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Gurami Bakar Pedas Manis yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Gurami Bakar Pedas Manis, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Gurami Bakar Pedas Manis enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Gurami Bakar Pedas Manis adalah 4-5 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Gurami Bakar Pedas Manis diperkirakan sekitar 1 jam 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Gurami Bakar Pedas Manis sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Gurami Bakar Pedas Manis memakai 15 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ini menu favorit keluargaku , katanya setiap pengen bakaran pengen di masakin gurami bakar ala ala aku. Katanya sih rasanya, rumah makan aja lewaattt.. 五五

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Gurami Bakar Pedas Manis:

  1. 2 gurame
  2. 8 siung bawang merah
  3. 3 siung bawang putih
  4. 4 cabe merah besar
  5. 7 cabe rawit
  6. 2 cm jahe
  7. ketumbar bubuk
  8. 1 buah kemiri
  9. selada
  10. 1 tomat
  11. secukupnya air asam
  12. 2 scht kecap
  13. 1 mentimun
  14. bumbu kuning bubuk
  15. 2 daun jeruk

Langkah-langkah untuk membuat Gurami Bakar Pedas Manis

1
Bersihkan ikan gurami, cuci hingga bersih. Lumuri dengan bumbu kuning bubuk. Diamkan 10 menit. Lalu goreng hingga matang, jangan sampai terlalu kering.
Gurami Bakar Pedas Manis - Step 1
2
Setelah itu haluskan semua bumbu, dan tumis hingga matang dan lumuri ke ikan yang telah digoreng tadi. Diamkan 10 menit.
Gurami Bakar Pedas Manis - Step 2
3
Siapkan alat pemanggang, dan buat olesan kecap dicampur minyak. Setelah itu olesi dan siap dibakar. Jangan lupa di bolak balik yaa ikannya. Biar bumbunya meresap sempurna.
Gurami Bakar Pedas Manis - Step 3
4
Untuk sambalnya bisa sambal matang atau sambal kecap yaa.. Daan gurami bakar siap dihidangkan dan di santap.
Gurami Bakar Pedas Manis - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sate Cucuk Manis Palembang Ala Rumah Kami

Sate Cucuk Manis Palembang Ala Rumah Kami

Palembang juga punya sate loh. Kami menyebutnya Sate Cucuk Manis. Kalo kawan-kawan pernah nonton acara Alm.Pak Bondan Winarno, beliau suka banget sate ini, maknyus katanya. Ini saya pake resep resto/warung yang sering saya santap dengan menebak rasanya dan tanya ke teman saya yang pakar kuliner. Sate Palembang adalah jenis Sate Maranggi. Dia tidak pake bumbu kacang atau kecap, tapi sudah dibumbui pada saat marinasi. Rasa rempah ketumbar dll begitu menonjol dan nendang. Cara menyantapnya juga beda, tidak dimakan dengan sambal kecap, sambal kacang atau acar timun tapi dengan sambal tauco, cuko pempek, semangkuk kuah pindang tulang/daging dan lalapnya ketimun serta kol muda. Uh, saya bela-belain, singsingkan baju, bikin seperti resto/warung Sate Manis Agung di Jl.Anwar Sastro Palembang dengan sedikit modifikasi penambahan nanas (untuk melembutkan daging) dan serai. Rasanya, Maknyus, top markotop. Sebetulnya makan satenya bae sudah lemak nian. Apalagi dengan sambal tauco, cuko dan ngirup kuah pindang daging/tulang yang kaldunya lezat bergizi itu. Cobain moms. Kebetulan di freezer ada sebungkus daging kurban, saya buat sate sebagaimana janji saya dengan teman-teman CP di discord #DagingKurban #KampungIdaman #IdulAdhaWongkito #CookpadCommunity_Palembang #ResepWongkito #SateSapi #WongkitoGalo #Busway_AnekaSate #OlahanDagingKurban #PosbarIdaman

3 orang/16 pcs
Acar manis

Acar manis

Makan acar di padukan dengan gulai kambing/sapi atau makanan yang berbau daging2an mengingatkan seperti makan di kondangan,,,enak banget,,,saya buatnya agak banyak dan saya simpan di kulkas supaya pas di makan tambah segar dan enak中 Acar juga bisa di makan sebagai pendamping lauk pauk seperti nasi goreng/mie goreng/sate atau sesuai selera ya moms #kulaetamCoCoK #CookpadCommunity_Kaltim #CookpadCommunity_Balikpapan #acarmanis #acar

Pizza Manis

Pizza Manis

Source : @Eliyana Link : https://cookpad.com/id/resep/14012581-pizza-ulen-3-menit?invite_token=UJcXvK7RSAw73dNhmJcXB5ks&shared_at=1627685814 Minggu ini ada event weekly dari GadoGado Indonesia untuk buat Pizza. Serius baru pertama buat pizza. Nah aku pakai resep nya mbak @Eliyana yang cuma ulen 3 menit hehe. Awalnya takut ga bisa berhasil.. karena masalah perotian memang masih newbie banget. Eeh alhamdulillah jadi. Hanya sesuai request anak-anak aku jadikan pizza manis dengan taburan topping selai kacang, coklat dan keju. #GenkPejuangDapur #RememberGenkPeDa_EliYanaDwiLestari #CookpadCommunity_Malang

2 loyang kecil
2 jaman
Sweet Bread

Sweet Bread

Iseng bikin cemilan buat nemenmin sarapan. Selain lebih hemat Homemade juga lebih terjamin kebersihannya

10 porsi
2 jam 15 menit
Kering Kentang Kriuk Manis untuk Balita

Kering Kentang Kriuk Manis untuk Balita

cukup 1 buah kentang, iris kentang pakai pengupas wortel - dijamin tipis, krispi, dan jadi banyak

2 orang dewasa
Ayam goreng pedas manis gurih

Ayam goreng pedas manis gurih

Awalnya mau bikin rica-rica, namun bumbunya kurang lengkap, dengan memanfaat bumbu seadanya terciptalah ayam goreng pedas manis gurih

4 orang
35 menit
Tempe Pedas Manis

Tempe Pedas Manis

simpel dan mudah

2 orang
Dori Panggang Pedas Manis

Dori Panggang Pedas Manis

Masak simple ala2 resto, weekend ini lagi males masak yg goreng2an,masih ada stock ikan dori di freezer 1pack dapet 5slice. #CookpadComunity_Jakarta #CookpadComunity_Bekasi

5 orang
45menit-1jam
Abon ayam pedas manis pakai oven tanpa minyak

Abon ayam pedas manis pakai oven tanpa minyak

Makanan pelengkap yg semua orang pasti suka. Dimakan dengan nasi panas2 aja udah enak banget. Sebenarnya bikinnya gampang kok. Selamat mencoba.

Bening bayam jagung manis

Bening bayam jagung manis

Bening bayam ini salah satu andalan saya klo lagi mager, selain simpel rasanya jg enak menyegarkan dan yg pasti nya sehat krn bayam mengandung beragam nutrisi, seperti: Vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, dan Vitamin E, Magnesium, zat besi, Asam folat, Kalsium dan Kalium. Bayam ini jg selalu dimasak dengan campuran labu kuning dan jagung favoritnya si kaka Asiyah #BarapiManjuhu #JantungBarigas #PekanPosbar #KuahBening #CookpadCommunity_Kalteng

Bihun goreng jawa sederhana(manis gurih)

Bihun goreng jawa sederhana(manis gurih)

Ada stok bihun, bosen kalau dibikin campuran baso terus. Akhirnya digoreng aja, malem-malem bikin ini sedaaap apalagi kalau masih anget langsung santap

1 orang
Terigu goreng manis

Terigu goreng manis

lgi pngen ngemil, tpi cuma punya terigu di dapur, jadilah bkin terigu goreng manis, lumayan enak buat temen nonton tv.

Roti manis

Roti manis

proses 2 jam
Seafood Pedas Manis

Seafood Pedas Manis

Requestnya Suami 五. Tadinya mau ke Ibukota Lampung untuk cobain di resto seafood. Tapi karena masih PPKM di wilayah tempat tinggal kami, eh ndak jadi deh. Alhasil kita masak sendiri aja .

5 porsi
45 Menit
Spicy Sweet Corn

Spicy Sweet Corn

Masih meramaikan arisan warga #KampungCocok dan mencooksnap resepnya @mbaSelmaa_ saya mencoba Spicy Sweet Corn yang lezat dan cocok buat camilan di kala nyantai,,,resep ada penyesuaian dari saya sendiri ya儭 Source : @mbaSelmaa_ Cek resep asli儭 https://cookpad.com/id/resep/14336205-spicy-sweet-corn?invite_token=NbFjcwSfS6A6jLUroVFLm7sQ&shared_at=1626656439 #RecookBubuhanKaltim #BubuhanKaltim_selmaa #KulaEtamCoCoK #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kaltim #CookpadCommunity_Balikpapan #jagungmanis

Sambal Tauco Pendamping Sate Manis Palembang

Sambal Tauco Pendamping Sate Manis Palembang

Makan sate cucuk manis khas Palembang di suasana Idul Adha gak lengkap tanpa sambal tauco ini. Membuatnya gampang, seperti sambal tauco biasa. Saya modifikasi kasih serai biar wangi dan kasih jeruk kunci (serai dan jeruk kunci juga rempah peningkat imun). Tinggal tumis bawang, kasih potongan cabe dan serai geprek, masukkan tauco. Biar tambah pedas saya kasih gerusan cabe bawang. Mantap. Cobain moms #KampungIdaman #IdulAdhaWongkito #ResepWongkito #CookpadCommunity_Palembang #PosbarIdaman

1 mangkuk
20 menit
Cakalang Sambal Asam Manis

Cakalang Sambal Asam Manis

Alhamdulillah. Keluarga suka

4-5 orang
45 menit
Sate ayam manis

Sate ayam manis

3 porsi
1jam
Martabak manis habang/buah naga

Martabak manis habang/buah naga

Ini juga salah satu kudapan yang berwarna merah. Ada sisa buah naga 1/4 buah yang udah seminggu nongkrong dikulkas. Mau dibuang sayang, langsung dimakan ga ada selera. Kepikiran pengen cemilan manis sore ini. Bikin terang bulan/martabak manis aja. Buah naga dimanfaatkan biar warna nya jd lebih cantik. #Semanggi_MasakHabang #CookpadCommunity_Jakarta #DiBuangSayang #PosbarIdaman

8 pcs
1 jam