Resep Ikan Gurame Asam Manis

Dipos pada March 8, 2022

Resep Ikan Gurame Asam Manis

Anda sedang mencari inspirasi resep Resep Ikan Gurame Asam Manis yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Resep Ikan Gurame Asam Manis yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Resep Ikan Gurame Asam Manis, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Resep Ikan Gurame Asam Manis enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Resep Ikan Gurame Asam Manis adalah 2 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Resep Ikan Gurame Asam Manis sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Resep Ikan Gurame Asam Manis memakai 20 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Lama gak keluar rumah cuma buat makan siang bikin makin kreatif di rumah. Ini kangen makan di resto Sunda, walhasil pesen gurame aja sama kang sayur..

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Resep Ikan Gurame Asam Manis:

  1. 1 ekor ikan gurame berat 500gr
  2. 1/2 batang wortel, kupas, iris korek
  3. 1 buah timun muda ukuran kecil, kupas, buang biji, iris korek
  4. 1/2 buah nanas madu, saya pakai yg masih muda, iris korek
  5. 5 sdm tepung protein rendah, saya pakai kunci biru
  6. 1 sdm tepung maizena
  7. 1 sdm tepung tapioka
  8. Secukupnya garam, merica bubuk, gula. Pemakaian baca resep ya
  9. secukupnya Air dan minyak goreng
  10. Bumbu Saus
  11. 3 siung bawang putih kating, cincang halus
  12. 1/2 buah bawang bombay, iris bulan sabut
  13. 2 buah tomat, blender dg air
  14. 3 sdm saus tomat
  15. 5 sdm saus cabai
  16. 1 buah lombok merah, iris serong
  17. 1/2 jempol jahe
  18. 1 batang daun bawang, iris serong
  19. 1 buah jeruk nipis
  20. 1 sdm tepung maizena, larutkan dengan airb

Langkah-langkah untuk membuat Resep Ikan Gurame Asam Manis

1
Bersihkan gurame. Cuci bersih. Saya buang isi kepalanya juga. Lalu bagian body di fillet. Beri garam dan lada bubuk, remas2, sisihkan min.20 menit.
Resep Ikan Gurame Asam Manis - Step 1
Resep Ikan Gurame Asam Manis - Step 1
2
Siapkan tepung2an, aduk jadi satu, beri garam dan lada bubuk secukupnya. Lalu tambahkan air sampai tingkat kekentalannya pas.
Resep Ikan Gurame Asam Manis - Step 2
Resep Ikan Gurame Asam Manis - Step 2
3
Siapkan minyak goreng. Panaskan. Goreng ikan yang sudah dibalur tepung sampai matang keemasan. Angkat lalu tiriskan.
4
Siapkan bahan lain dan bumbu saus. Panaskan minyak goreng. Tumis jahe dan bawang putih lebih dulu sampai layu.
Resep Ikan Gurame Asam Manis - Step 4
Resep Ikan Gurame Asam Manis - Step 4
5
Setelah bawang putih layu, masukkan bawang bombay, wortel, nanas, timun dan cabai, aduk rata. Tunggu sampai layu lalu tuang tomat yang sudah diblender, tambahkan air bersih jika air dirasa kurang.
Resep Ikan Gurame Asam Manis - Step 5
6
Setelah mendidih, beri perasan jeruk nipis, tambahkan gula, garam, kaldu bubuk, lada bubuk, tes rasa. Jika sudah imbang dan sayuran cukup matang, masukkan daun bawang. Lalu masukkan larutan tepung maizena. Aduk2 sampai tingkat kekentalan yang disuka. Matikan api.
Resep Ikan Gurame Asam Manis - Step 6
7
Tata ikan di piring. Lalu siram dengan saus. Siap saji.
Resep Ikan Gurame Asam Manis - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Roti manis

Roti manis

25 porsi
2 jam
Sayur Bayam Manis (Favorit Keluarga)

Sayur Bayam Manis (Favorit Keluarga)

Lebih suka sayur bayam yg kearah manis daripada yg kearah asin. Ibu selalu buat ini dan akhirnya kurecook. Dapet rating 8 dari adek hihi. Oiya kuahnya ini bener2 bening ke ijo, karena sempet jaman kuliah makan sayur bayem kuahnya agak item sama asin :( balik lg ke selera orang ya. aku lebih seneng yg manis begini, kalo recook jangan lupa ditag!

3 porsi
10-15 Menit
Nasgor Jagung Manizz

Nasgor Jagung Manizz

Bahannya pas lagi ada jadi cusss tinggal masak. #CookpadIndonesia #DiRumahAja #KeDapurAja #MasakItuSaya #KamuInspirasi #CookpadCommunity_Tangerang

#51 Roti Susu Kental Manis

#51 Roti Susu Kental Manis

Membuat roti adalah paling favorit dari semua resep kue yang ada. Karena selain bisa dikreasikan berbagai macam bentuk juga isian membuat tampilan roti makin eye catching. Kali ini saya membuat roti susu kental manis alias roti sobek manis, ala-ala rumahan yang simple dan sudah pasti anak-ank juga suka. Selaian memang sudah bosan dengan isian yang itu-itu aja. Semoga bermanfaat. πŸ™

8 potong
110 menit
Bacem hitam manis πŸ₯°

Bacem hitam manis πŸ₯°

Resep ibu dari jogja yg terkenal sama yg manis manis 😝

banyak
30-60menit
Cumi Asam Manis

Cumi Asam Manis

2 orang
10 menit
Martabak manis / terang bulan tanpa telur

Martabak manis / terang bulan tanpa telur

Si sulung tibaΒ² minta dibuatin terang bulan, iseng nyoba yang tanpa telur, enak juga rasanya tetep lembut

Cumi saus asam manis

Cumi saus asam manis

Karena kalau beli diluar dapetnya sedikit harganya lumayan mahal. Jd yaa efek ppkm apa2 bikin sendiri yukkk biar hemat

1jam
Daging Goreng Manis

Daging Goreng Manis

Rasanyaa superrr enakkk bund, ga bikin eneg karna ada perpaduan gula jawa dan ketumbar yg cucok. Makin cucok dimakan pake nasi anget, sambel dan pete goreng hehe. Selamat mencoba

5-7 orang
1 jam
Mexican Sweet Bread (Conchas) 🍞

Mexican Sweet Bread (Conchas) 🍞

Bismillaah, Bikin Mexican Bun (Roti Boy) jadi nostalgia naik kereta atau pesawat ya Bunda. Wangi khas menteganya pas di panggang bikin teringat ketika antri tiket di stasiun hihihi. Okelah krn masih pandemi dan belum bisa bebas travelling, bikin sendiri aja yukk... Bikinnya gampang si meski agak sedikit ribet krn stepnya banyak hehe... *Untuk penggunaan tepungnya..optional ya Bunda, boleh tepung protein tinggi (cakra) semua, boleh tepung serbaguna (segitiga biru) semua, boleh jg di mix. Asal jng pake tepung kunci biru aja, ntar jadinya soft cookies Bundaa (〃^▽^〃)

16 pcs
Martabak manis terang bulan

Martabak manis terang bulan

Setelah nyoba resepnya devina berapa kali gagal terus karna ada aja step yang keskip, ahirnya jadi lumayan juga. Empuk enak, banyak sarangnya 🀩

4 orang
1jam 45menit
Pisang goreng toping keju dan kental manis

Pisang goreng toping keju dan kental manis

Cemilan sederhana yg cukup simple bikinnya. Yuk cobain Karena fatih gak suka pisang goreng lapis tepung jadi di akalin biar dia bisa ngemil pisang olahan juga, jadilah ini. Insyaa Allah si kecil suka kalo yg manis manis gini mah 😊

Martabak manis teflon mudah anti gagal tanpa mixer

Martabak manis teflon mudah anti gagal tanpa mixer

Recook dari resep tasyi athasyia mudah banget simple tapi jadinya endul

4 porsi
45 menit
9. Rambutan manis pedes

9. Rambutan manis pedes

Buah rambutan yang sangat di gemari semua kalangan, nah kali ini saya akan membuat rambutan ini lebih seger untuk di nikmati pada siang hari spesialnya dari buah ini dikirimin langsung oleh ibu saya dari kampung. Untuk saya pribadi menyajikan rambutan ini setelah beberapa jam kemudian rasanya itu lebih enak ya karena manis gula, rasa asam, dan pedes nya nyatu gitu.. Langsung saja yaa coba cara membuatnya.. 😊 Yuk mari membuat #cookpadcommunity_kalbar #cookpadcommunity_borneo #cookpadindonesia

3 - 4 orang
1 jam 30 menit
Bolu pisang kayu manis (oven tangkring)

Bolu pisang kayu manis (oven tangkring)

Kepingin makan bolu pisang, sore2 pas nyantai bersama keluarga sambil ngeteh/ngopi syantik... eh kebetulan pisang panen beberapa hari yg lalu udah pada matang semua, siap deh dieksekusi, bolunya q kasih bubuk kayu manis biar tambah wangi pas dibaking. Anak2 pun juga jd lahab nyamil bolunyaπŸ’–πŸ’–πŸ°β˜•πŸ΅ #PPKM #kreasiIbuCerdas #DirumahAja #posbarIDAMAN