Martabak Manis

Dipos pada March 8, 2022

Martabak Manis

Anda sedang mencari inspirasi resep Martabak Manis yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Martabak Manis yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Martabak Manis, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Martabak Manis enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Martabak Manis adalah 4 loyang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Martabak Manis diperkirakan sekitar 1 jam 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Martabak Manis sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Martabak Manis memakai 14 jenis bahan dan 17 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Memanfaatkan alat dan bahan yg ada dirumah.. hihihi😅 Mau martabak manis tapi ga ada cetakan yg kyk ditukang martabak dan pakai teflon dehh... dan kebetulan juga memanfaatkan bahan tepung yg sebentar lagi mau expired dari pada kebuang kannn,, sayangg,, mending dibuat martabakk... 🤭 Martabaknya manis, dann enak, bersarang, kenyal... pokoknya mantull... Resepnya saya intip dari: YouTube Devina Hermawan Insyaallah jika mengikuti step by step dari resep ini, antigagal dan 100% sukses. Yukkss dari pada penasaran.. Dicobaa resepnyaa..😉 #DiBuangSayang #PosbarIDAMAN

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Martabak Manis:

  1. Bahan 1
  2. 450 gr tepung terigu pro sedang
  3. 40 gr tepung tapioka / maizena
  4. 60 gr gula pasir
  5. 500 ml air
  6. 2 butir telur
  7. 1 1/2 sdt baking powder
  8. Bahan 2
  9. 100 ml air
  10. 1 1/2 sdt baking soda
  11. 1 sdt atau sesuai selera vanilla ekstrak
  12. secukupnya Gula pasir
  13. Topping
  14. Secukupnya mentega/margarin keju parut, susu kental manis, meses

Langkah-langkah untuk membuat Martabak Manis

1
Dalam wadah campurkan bahan 1 kecuali telor dan baking powder aduk menggunakan mixer hingga semua bahan tercampur rata.
Martabak Manis - Step 1
2
Setelah itu masukkan telur dan baking powder. Aduknya sampai tercampur rata menggunakan spatula aja yaa... ibarat adonan roti jangan diuleni lagi!.
3
Tutup dan diamkan adonan min -+ 1-3 jam.
4
Setelah didiamkan, sudah terlihat ada gelembung² kecil, dan adonan sudah siap pakai. Note: jika adonannya mau di tambahkan perisa pandan juga gapapa yaa... disini saya mau yg ori tanpa perisa pandan.
5
Panaskan teflon diapi sedang.
6
Dalam wadah lain masukkan bahan 2 kecuali vanila ekstrak dan gula pasir, aduk hingga merata.
7
Kemudian masukkan campuran air dan baking soda (yang tadi), tambahkan juga vanilla ekstrak dan perisa pandan (jika mau). Aduk hingga rata. Ingat yaa aduknya jangan over asal tercampur rata saja.
Martabak Manis - Step 7
8
Tuang secukupnya adonan ke dalam teflon. Ratakan adonan agar menempel ke pinggiran teflon.
9
Setelah gelembung lumayan banyak dan setengah matang. Taburkan gula pasir untuk membantu memecahkan gelembung² adonan.
10
Tutup teflon setelah gelembung² pecah dan setengah matang. Dan masak hingga matang, dan sampai bagian atasnya tidak lengket.
11
Setelah martabak matang segera olesi dgn mentega. Belah martabak menjadi 2. Dan taburi topping sesuai selera, tumpuk adonan menjadi satu, boleh diolesi mentega lagi, lalu potong menjadi beberapa bagian.
Martabak Manis - Step 11
12
PENTING! -Gunakan teflon anti lengket dan tebal agar panas menyebar secara merata. -Pastikan panas dari kompor merata. -jika menggunakan kompor listrik pasti panasnya akan merata, jika memakai kompor gas biasa gunakan cara ini: Gunakan alas loyang atau pan besar agar panas menyebar secara merata. (Saya pakai kompor gas biasa. Trik ini ga saya pakai karna males😁)Karna gak pakai trik itu saya masak martabaknya sama seperti masak di teflon biasa cuman harus diperhatikan api kompor dan panas teflon
13
Note 1: tambahkan campuran air dan baking soda sesaat sebelum memasak adonan. Note 2: pastikan juga teflonnya sudah panas, percikan air ke teflon untuk mengetahui sudah panas atau belumnya teflon. Note 3: perhatikan ketebalan adonan yang akan dimasak agar tidak gosong. Karna disini kita menggunakan teflon ya, bukan cetakan baja yg khusus martabak kalau pakai cetakan baja itu walaupun tebel dia akan merata matangnya.
14
Note 4: JANGAN LANGSUNG MENUTUP TEFLON KARNA AKAN MEMBUAT TEKSTURE MARTABAK BANTET!! Tunggu hingga gelembung² naik dan kecilkan sedikit apinya. Note 5: angkat martabak yg sudah matang dari teflon agar tidak lembab.
15
Dann martabak manis siap disajikann..
Martabak Manis - Step 15
16
Yummy!!
Martabak Manis - Step 16
17
Slamat mencobaa... 😉 Tips lengkap:
Martabak Manis - Step 17

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sate ayam manis

Sate ayam manis

3 porsi
1jam
Resep Ikan Kuwe Bakar Asam Manis

Resep Ikan Kuwe Bakar Asam Manis

Ikan yang enak dimasak dengan cara dipanggang yaitu ikan kuwe lho,Nah ikan laut ini sangat familiar di resto seafood,ukurannya ada yang sedang dan besar menu ini sering menjadi andalan.yuk simak resepnya dibawah ini.

Sayap ayam pedas manis

Sayap ayam pedas manis

Hmmmm dri kemaren judulnya ayam2an aj ya bun,ini adalah ceritaku hr ini dengan resep SAYAP AYAM PEDAS MANIS🐔🐓🐓

5 orang
1 jam
Martabak Manis

Martabak Manis

Kali ini pake resep Devina Hermawan. Hepi bgt bisa bikin bolong2 gede di tengah martabaknya ala martabak yg dibeli..toppingnya suka2, ga perlu worry sama gula dan lemaknya, karena bisa diatur takarannya. Pasta pandan bisa ditambahkan di awal atau di akhir dg larutan soda.

2 pan
45mnt
Gurame Asam Manis

Gurame Asam Manis

Lagi pengen yg asam-asam manis mumpung punya stok gurame dikulkas, mari kita eksekusi 😉

1 porsi
Kurang lebih 15 menit
Tahu Asam Manis enak

Tahu Asam Manis enak

Assalamualaikum Selamat pagi cookpad.... Hari ini mau bagiin resep tahu simple tapi enak Buat menu akhir bulan pas kantong udah menipis yaa bun😁😁🤭 Yuk cobain resepnya bun...

Roti manis simple tanpa ulen

Roti manis simple tanpa ulen

Lagi mupeng bikin roti. Bikin yg simple aja buat kaum rebahan 😁

Tumis manis

Tumis manis

4 porsi
30 menit
Pizza manis roti tawar

Pizza manis roti tawar

Karena anak2 ndak suka pizza yang asin gurih l, jadinya saya berkreasi bikin pizza manis 😋

3 orang
30 menit
Telur asam manis

Telur asam manis

Pagi2 mau nyiapin sarapan buat suami tp bingung masak apa yg simple tanpa ribet dan cepet. Buka kulkas cuma ada telur sama cabe. Okelah buat telur asam manis aja.

2 porsi
15-30 menit
Martabak Manis Teplon | Anti Gagal | Simple

Martabak Manis Teplon | Anti Gagal | Simple

Sangat sangat mudah bikinnya, enak kenyal empuk. Source by@yackikuka . #martabakmanis

Ikan asam manis

Ikan asam manis

Hai bun mari di coba resep nya, siapa tau bosen sama ikan yg cuma di goreng2 saja. Menu yg satu ini boleh di coba

1 sajian
30menit
Gudeg nangka pedas manis

Gudeg nangka pedas manis

aku suka gudeg tp ga terlalu suka manis jd aku tambahin cabe jd rasanya pedes manis dan ini jadi favorit tetangga 😄 krn sering akh kirim dan dia juga sama suka pedes manis ,, yuu ini resep nya

30 menit
Puding Lumut Jagung Manis | Snack MPASI 16m+

Puding Lumut Jagung Manis | Snack MPASI 16m+

Note: > Nutrisari cocopandan bisa diganti pewarna makanan aja? Bisa, silakan saja, jangan lupa ditambah gula pasir yaa berarti bahan puding lumutnya. Soalnya di rumah gak ada pewarna makanan, biar menarik aja sih toh juga cuma sesekali aja 👌 In Syaa Allah aman > Jadi berapa cup? Pakai cetakan puding ukuran sedang tapi gak diisi full jadi sekitar 7 cup > Puding lumutnya harus pakai agar-agar rasa kelapa muda? Gak juga, ganti yang plain juga bisa Selamat mencoba 🥰

Serundeng Daging Sapi Manis Gurih

Serundeng Daging Sapi Manis Gurih

Bosen di rendang...jadi bikin lauk sekalian bisa di cemilin 😅. Berat ya cemilan nya....daging 🤭...habis lauk ini tuh nagih 😍. Kebetulan sempat lihat resep ini punya mbak megie yunita@cook_4936390 ,jadi cuss...nyok kite eksekusi #OlahanDagingKurban #PosbarIDAMAN #Bunda_Lia #CookpadCommunity_Jakarta #CookpadIndonesia

2 jam
Udang asam manis saori

Udang asam manis saori

2-3orang
15 menit
Ayam Saus Asam Manis (Dengan Saus Kulit Buah Naga)

Ayam Saus Asam Manis (Dengan Saus Kulit Buah Naga)

Kapan hari bikin saus sambal dari kulit buah naga, seperti yang saya bilang saus kulit buah naga selain digunakan untuk cocolan bisa digunakan untuk aneka masakan lainnya, seperti hari ini saya masak ayam asam manis dengan menggunakan saus sambal kulit buah naga, cukup saus kulit buah naga ini saja, gak perlu ditambahkan saus tomat atau saus sambal lainnya lagi. Untuk tepung ayam saya menggunakan tepung bumbu putih dari @dapurkobe #masaksetiapbagian #cookeverypart #masakitusaya #cookpadcommunity_kalsel